Jumat, 17 Mei 2013

10 KUNCI SUKSES SESEORANG DALAM MEMIMPIN


1.     Mampu & lancar dalam berkomunikasi & berinteraksi secara verbal maupun Non-Verbal terhadap siapapun.
2.     Mampu melakukan perubahan, pembaharuan, & penyempurnaan dalam organisasi.
3.     Menarapkan pola efektivitas dalam organisasi dengan mekanisme sehingga muncullah pola perilaku yang positif, inovatif, & efisien. Khususnya metode & kebutuhan perilaku.
4.     Seorang pemimpin yang mempunyai motivasi tinggi dapat memproyeksikan motivasinya tersebut pada bawahannya sehingga ia dapat menjadi motivator di dalam ruang lingkup organisasinya.
5.     Seorang pemimpin harus cenderung bersifat terbuka & transparan dalam melakukan segala hal apapun itu yg akan menjadi kepentingan untuk bersama. Agar bawahannya mendapatkan kenyamanan & menaruh kepercayaan pada pemimpinnya.
6.     Seorang pemimpin harus mempunyai sikap berjiwa besar & harus siap menerima kritikan positif maupun negatif  dari bawahannya, agar ia dapat mengkoreksi diri & melakukan perubahan serta memanage ulang organisasi yang ia pimpin.
7.     Seorang pemimpin harus berpandangan objektif, tidak memihak & harus merasa yakin bahwa setiap anggota memperoleh perhatian yang sama atau wajar dan layak untuk setiap anggota lainnya.
8.     Pemimpin harus mempunyai keseimbangan & pengendalian diri terutama pada dirinya sendiri. Dia harus bisa menahan diri & tidak menonjolkan dirinya, mendominasi pembicaraan, mengemukakan pendapat pribadi secara berlebihan. Agar kelompoknya dapat mempunyai perasaan antusias serta kepercayaan terhadap pemimpinnya.
9.     Seorang pemimpin haryus mempunyai kesanggupan menganalisis & dapat memperjelas masalah-masalah yang muncul dalam suatu forum diskusi.
10. Seorang pemimpin harus cerdik & sabar dalam mengatasi masalah seseorang tanpa harus menyinggungnya, serta diplomatis & tegas setiap saat bila ia diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar